Mengenal Apa Itu Obligasi

Mengenal Apa Itu Obligasi

Selain saham, ada banyak instrumen investasi lain yang masuk dalam kategori "paper asset", salah satunya adalah obligasi. Jika Anda berinvestasi di reksadana, manajer investasi biasanya memasukkan obligasi sebagai tujuan investasi mereka.

Obligasi yang memiliki beberapa jenis ini juga mampu memberikan return atau imbal hasil yang lumayan. Dalam artikel ini, Investasikresna akan membahas lebih dalam mengenai investasi obligasi.

Pengertian obligasi

Obligasi adalah surat yang dikeluarkan oleh pemerintah atau badan pemilik kepada penerima obligasi yang disertai bukti jumlah, tanggal, serta bunga sesuai ketentuan jangka menengah maupun panjang serta dapat dipindah tangankan.

Dalam ketentuannya pihak pemilik saham merupakan pelaku yang menjalankan piutang sedangkan pihak yang mempunyai obligasi justru adalah pelaku yang berhutang. Obligasi adalah bentuk dari produk yang dihasilkan melalui kegiatan pasar modal melalui agen penjual obligasi. Lembaga keuangan bank dapat berperan sebagai agen tersebut.

Reksadana obligasi adalah bentuk dari reksadana yang pada kenyataannya sebagian besar berinvestasi pada surat utang atau disebut obligasi dengan tempo 1 tahun baik pihak perusahaan maupun pemerintah.

Jenis-jenis dari obligasi

Obligasi sebenarnya memiliki banyak sekali jenisnya dapat dilihat dari kategori yang disesuaikan dan dapat dibagi lagi sesuai dengan manfaat dari tolak ukurnya. Namun untuk secara umum jenis yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut :

Jenis berdasarkan nominal, terbagi menjadi dua yaitu:

Obligasi jenis ritel merupakan surat utang yang dikeluarkan memiliki jumlah yang sedikit atau kecil dengan ketentuan terkecil sebesar 1 juta rupiah. Obligasi jenis konvensional merupakan surat utang dengan jumlah per slotnya sangat besar, dengan nilai terkecilnya sebesar 1 miliar rupiah.

Jenis obligasi berdasarkan pembayaran bunga, terbagi menjadi empat yaitu :

  • Obligasi kupon

Bentuk surat utang dengan memberikan nominal bunga sesuai kesepakatan di awal yang memberikannya secara berkala dimana setiap jumlah kupon yang diberikan bernilai jumlah dari persetujuan bersama. Coupon obligasi adalah terkait dalam bentuk fiksi atau elektronik yang dijadikan istilah fee atau bunga.

  • Zero coupon Bond

Kupon dengan ketentuan bahwa didalamnya tidak memiliki bunga dengan tidak menyerahkan kupon secara berkala atau bertahap. Nilai dari kupon adalah kesepakatan bersama antara investor dan penerbit dari obligasi.

  • Kupon mengambang

Nilai dari kupon dapat berubah menyesuaikan ketentuan dari perubahan indeks pasar modal yang tidak tetap sewaktu-waktu. Dalam kesepakatan karena perubahan maka untuk menentukan pembayaran diambil sesuai dengan nilai awal kupon yang bisa dijadikan referensi pembayaran terkecil nantinya.

  • Kupon tetap

Artinya segala bentuk pengajuan yang sudah disetujui baik bunga, nilai, tanggal jatuh tempo dilakukan sesuai persetujuan dan tidak akan ada perubahan.

Jenis obligasi berdasarkan penerbit, dibagi menjadi tiga yaitu :

Municipal bonds merupakan bentuk obligasi untuk melakukan pendanaan dalam pembangunan daerah dan dilakukan langsung oleh pemerintah sesuai jumlah keperluan.

Corporate bonds merupakan jenis obligasi yang tidak tetap dengan jangka waktu tertentu biasanya dikeluarkan oleh swasta, BUMN maupun pemerintah namun jumlah bunga memiliki waktu yang lumayan panjang.

Government bonds merupakan jenis dari obligasi yang diterbitkan langsung oleh pemerintah dengan penerbitan pertama kali untuk negara Indonesia adalah bulan Agustus 2006. Terbagi menjadi empat : sukuk tabungan (ST), Saving Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel Indonesia (ONRI) , sukuk ritel.

Jenis obligasi berdasarkan imbal dan hasil, terbagi menjadi dua yaitu:

  • Obligasi Syariah

Bentuk surat utang dengan pembagian hasil dari obligasi tidak memiliki unsur riba dan ketentuannya diatur secara islami. Pembagian dari hasilnya diberikan secara berkala sesuai jangka waktu ketentuan.

  1. Obligasi Konvensional

Jenis ini diberikan kepada investor yang ingin melakukan bisnis maupun usaha sebagai modal yang memungkinkan untuk menjadi hasil, nantinya akan dikenai bunga dan juga sistem bagi hasil secara berkala sesuai kesepakatan.

Keuntungan dan kerugian dari obligasi

obligasi adalah

Keuntungan obligasi adalah pemegang obligasi akan menerima kupon bunga dengan nilai yang termasuk tinggi bahkan melebihi nilai deposito bank kebanyakan. Namun jenis surat tidak selalu berupa surat tetap kadang ada jenis surat mengambang. Anda memiliki kelebihan untuk memasarkan surat berharga tersebut karena dapat diperdagangkan melalui pasar sekunder yang telah diatur sesuai kinerja BEI bahkan di luar kinerjanya.

Kerugian obligasi adalah ada resiko keamanan yang bisa terjadi apabila dalam pembayaran investor terjadi kegagalan maka tidak mendapat keuntungan. Anda bisa mengalami banyak perubahan baik melalui politik, kondisi ekonomi bahkan suku bunga yang berubah-ubah. Penjualan bisa mengalami penurunan jika tidak memperhatikan tanggal ketentuan penjualan yang baik.

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.