Apakah Investasi Unit Link Asuransi Tersebut?

Apakah Investasi Unit Link Asuransi Tersebut?

Sebelum berlanjut pada pengertian unit link, perlu diketahui lebih jelas tentang asuransi. Apakah unit link termasuk dalam asuransi atau seperti apakah Investasi unit link asuransi tersebut?

Asuransi sendiri adalah sebuah perjanjian yang dibuat oleh seorang penanggung dan yang tertanggung. Dalam asuransi seorang tertanggung mempunyai kewajiban untuk melakukan pembayaran.

Pembayarannya berupa premi sebagai syarat untuk mengganti berbagai kebutuhan yang akan diasuransikan. Misalnya berupa pergantian kerugian, kematian, kerusakan dan lainnya.

Ringkasnya asuransi adalah sebuah cara untuk melindungi diri dari bencana, kematian dan kerusakan lainnya. Sehingga dapat membantu meringankan biaya pengobatan atau kerugian yang terjadi nanti.

Unit Link dan Kaitannya dengan Asuransi

Unit link merupakan salah satu jenis asuransi dan termasuk dalam golongan asuransi nontradisional. Unit link menggabungkan dua produk keuangan yaitu produk investasi dan asuransi.

Dalam unit link dana nasabah akan dipecah kepada produk asuransi dan investasi. Dana asuransi seperti biasa untuk dana perlindungan, dan dana investasi untuk berinvestasi, lalu seperti apakah Investasi unit link asuransi tersebut?

Dalam hal ini perusahaan penyedia jasa akan memberikan beberapa pilihan asuransi yang dapat dipilih nasabah. Diantaranya dana akan ditempatkan di pasar uang, reksadana saham, pendapatan tetap atau campuran.

Nasabah bebas menentukan produk investasi yang akan digunakan untuk menanamkan dana dengan menggunakan unit link. Perusahaan asuransi juga akan mengelola investasi nasabah melalui manajer investasi.

Sehingga pengelolaan investasi bisa lebih aman dan pastinya bisa memberikan banyak keuntungan walaupun nasabah tidak mempunyai keahlian dalam investasi. Nasabah bisa mendapatkan dua keuntungan dalam satu kali pembayaran premi.

Jenis Unit Link

Karena banyaknya percabangan dari produk unit link, salah satu jenis asuransi ini dibedakan menjadi beberapa jenis. Simak berikut rincian jenis-jenis unit link berdasarkan pembayaran premi dan

  1. Unit Link Premi Tunggal

Dalam jenis unit link yang pertama, nasabah akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran premi secara tunggal. Artinya premi asuransi dan investasi sudah disatukan dalam satu kali pembayaran.

Namun jenis pembayaran ini biasanya lebih besar dari jenis lainnya, karena premi sudah disatukan. Jenis unit link ini cocok digunakan oleh orang yang sudah mapan dan mampu membayar premi dalam jumlah besar.

  1. Unit Link Premi Berkala

Dalam unit link ini nasabah akan diberikan kesempatan untuk membayar premi secara bertahap. Tahapan pembayarannya bisa dilakukan secara bulanan atau tahunan dan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Namun dalam jenis unit link premi berkala, dana asuransi tidak bisa ditarik dalam jangka waktu yang ditentukan. Biasanya pada tujuh tahun masa asuransi maka dana belum bisa ditarik oleh nasabah.

Selain jenis unit link menurut pembayaran ada juga jenis lain menurut sistem penempatan dana. Pada jenis ini nasabah akan mendapatkan pilihan untuk menggunakan produk unit link dalam menempatkan dana sesuai kebutuhan.

Kemudian jenis unit link yang berdasar pada tujuan investasi, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan tujuan khusus untuk nasabah pilih sesuai kebutuhan. Misalnya berupa tunjangan pensiun atau pendidikan anak.

Dalam memulai asuransi dan investasi Anda harus membuat perencanaan matang, setelah membaca tulisan ini apa anda sudah paham tentang seperti apakah Investasi unit link asuransi tersebut?  Jika iya maka Anda bisa memulai perencanaan asuransi unit link yang bisa memberikan keuntungan lebih daripada asuransi biasa. Konten ini disponsori oleh slot online indonesia. Terima kasih sudah membaca.

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.