Tips Belajar Saham Bagi Pemula Agar Tak Salah Langkah

Tips Belajar Saham Bagi Pemula Agar Tak Salah Langkah

Semenjak pandemi melanda Indonesia, rupanya ada satu efek positif dalam hal investasi yaitu meningkatnya minat belajar saham di kalangan masyarakat luas.

Dalam beberapa bulan terakhir bahkan jumlah investor nasional turut meningkat. Terlebih lagi, semakin banyak fintech yang menawarkan investasi saham online sehingga memudahkan masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal.

Bagi Anda yang juga ingin belajar saham dengan cepat, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Mulailah dengan Membaca Buku Tentang Saham

Salah satu cara cepat belajar saham adalah dengan membaca buku yang bertemakan saham. Jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli banyak buku cetak, Anda bisa membeli e-book yang harganya lebih terjangkau.

Tak hanya itu saja, saat ini juga cukup banyak e-book mengenai saham yang bisa diakses dengan gratis. Anda hanya perlu banyak mencari informasi yang banyak tersedia di internet.

Ikuti Sosial Media Edukasi Saham

tips belajar saham Saat ini ada banyak akun sosial media yang memberikan ilmu tentang saham secara cuma-cuma, misalnya saja ngertisaham, cuanderful, dan banyak lagi lainnya. Anda bisa mengikuti akun-akun ini untuk mendapatkan ilmu saham secara gratis.

Mereka juga biasanya membuat kelas khusus untuk Anda yang ingin belajar saham dari nol, kelas khusus trader, kelas investor, dan sejenisnya.

Buat Rekening Saham Anda

Jika Anda ingin belajar menjadi seorang trader maupun investor, maka langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka rekening saham Anda. Anda bisa memilih perusahaan sekuritas yang Anda percaya, dan tentunya pilih sekuritas yang sudah terdaftar dan berizin OJK.

Membuka rekening saham bertujuan untuk media belajar sekaligus mempraktekkan secara langsung teori yang sudah dipelajari dari buku atau media belajar lainnya.

Lakukan Transaksi dari Nilai yang Kecil

Setelah Anda membuka rekening saham, maka cobalah untuk melakukan transaksi pada saham yang Anda inginkan atau incar. Mulailah dengan membeli jumlah lot sedikit terlebih dahulu. Hal ini supaya Anda bisa sambil belajar analisis dan juga teknikal.

Dari yang sedikit ini Anda bisa belajar menganalisis pasar, membaca prediksi, dan sebagainya. Belajar saham merupakan proses belajar sambil praktek, jadi mulailah dari yang kecil agar Anda tidak merugi besar.

Trader atau Investor? Tentukan Pilihan Anda

Jika Anda sudah mulai melakukan transaksi saham, maka putuskan juga apakah Anda akan menjadi trader atau investor. Beda diantara keduanya adalah, trader cenderung melakukan jual beli saham dalam kurun waktu yang singkat. Trader mengambil keuntungan dari selisih harga beli dan jual.

Sedangkan investor umumnya akan membeli saham untuk disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan dividen dan juga selisih harga yang jauh lebih signifikan di masa yang akan datang.

Pelajari Ilmu untuk Jadi Trader atau Investor

Saat memutuskan untuk menjadi trader atau investor, tentu Anda membutuhkan analisis yang berbeda saat akan membeli sebuah saham. Untuk itulah sebaiknya Anda dalami ilmu yang sesuai. Jika ingin menjadi investor, belajar saham mengenai analisis fundamental adalah sebuah keharusan.

Analisis fundamental bertujuan untuk mengetahui kondisi perusahaan dan juga keuangan perusahaan tersebut.

Sedangkan jika Anda ingin menjadi trader, maka belajarlah untuk melakukan analisis teknikal. Analisis ini bertujuan untuk menganalisis grafik harga saham, sehingga Anda bisa membeli dan menjual saham di waktu yang tepat agar mendapatkan keuntungan.

Jangan Serakah dan Cepat Puas

Salah satu prinsip yang harus dipegang trader adalah jangan serakah, ambillah keuntungan secukupnya. Hal ini karena umumnya saat menjadi lebih serakah, mereka justru akan jatuh. Begitu juga saat menjadi investor, jangan merasa cepat puas dengan keuntungan yang sudah didapat.

Jika memang tujuan Anda untuk investasi jangka panjang, misalnya 10 tahun, maka jangan terburu-buru menjualnya meski sudah mendapatkan keuntungan.

Belajar saham bukanlah proses yang instan, Anda harus belajar secara bertahap sambil melakukan praktek sehingga bisa juga belajar dari keputusan yang sudah Anda buat sebelumnya.

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.