Emiten Adalah? Pengertian, Syarat dan Fungsi Emiten

Emiten Adalah? Pengertian, Syarat dan Fungsi Emiten

Secara singkat, emiten adalah pihak yang menawarkan efek atau surat berharga di pasar modal. Namun, untuk memahami istilah yang satu ini terkait dengan pasar modal, anda perlu melihat lebih dalam lagi. Siapa saja yang hendak berinteraksi di dalam sebuah pasar modal wajib mengerti berbagai istilah yang ada dalam lingkup tersebut. Kurangnya pemahaman akan pasar modal justru bisa membawa hasil yang negatif di kemudian hari bagi siapa saja termasuk anda.

Apa Itu Emiten?

emiten adalah

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, definisi emiten yaitu pihak – pihak yang melakukan Penawaran Umum di pasar modal. Kemudian yang dimaksud dengan Penawaran Umum ini adalah penawaran pada publik untuk membeli berbagai bentuk efek milik perusahaan. Proses jual beli efek tersebut harus dilakukan di dalam pasar modal melalui sebuah tata cara yang sesuai dengan prosedur yang ada. Dalam hal ini pihak Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur.

Efek yang ditawarkan itu sendiri bisa bervariasi wujudnya. Beberapa contoh dari efek yaitu surat berharga komersial, surat pengakuan utang, obligasi, saham, tanda bukti utang, dan juga efek Syariah atau Sukuk. Selain itu, kontrak berjangka atas efek dan setiap derivatif dari efek itu sendiri juga termasuk di dalamnya. Perbedaan dari efek yang diperdagangkan oleh emiten ini juga mempengaruhi jenis dari emiten itu sendiri.

Apa Saja yang Termasuk Emiten?

Setelah mengetahui bahwa emiten adalah pihak yang menawarkan efek, penting untuk memahami jenis – jenis dari emiten di pasar modal. Secara umum yang merupakan emiten bisa mencakup perusahaan maupun perseorangan yang memang menawarkan efek. Terkait dengan perusahaan emiten, ada dua jenis yang berbeda. Jenis perusahaan emiten yaitu perusahaan terbuka dan perusahaan tertutup.

Untuk memahami perbedaan dari jenis emiten tersebut bisa dilihat dari apa yang ditawarkan sebagai efek atau surat berharga perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan terbuka biasanya bisa menjual saham saja atau menjual saham dan obligasi ke publik. Sementara itu perusahaan tertutup biasanya hanya menjual obligasi saja ke publik melalui pasar modal. Emiten mana yang kemudian bisa dipilih tentu disesuaikan dengan pertimbangan publik termasuk anda sebagai pembelinya.

Apa Kegunaan dari Emiten?

Fungi emiten pada dasarnya adalah untuk menawarkan surat berharga yang dimilikinya kepada publik. Nah, intinya adalah perusahaan yang menjual memiliki tujuan untuk mendapatkan tambahan modal bagi usahanya. Setiap efek yang terjual akan mengalirkan dana ke perusahaan yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan serta membawa operasi bisnisnya ke tingkat yang lebih baik. Dari sisi perusahaan atau emiten itu adalah fungsi utamanya.

Di sisi lain, emiten juga memiliki fungsi bagi publik termasuk anda yang berlaku sebagai konsumennya di pasar modal seperti BEI. Publik memiliki kesempatan untuk menginvestasikan uangnya di perusahaan – perusahaan yang membuka penawaran di pasar modal. Sebagai seorang investor, tentu ada harapan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Dalam hal ini perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan investasi dari publik tersebut.

Apa Syarat untuk Menjadi Emiten?

Terkait dengan emiten itu sendiri, ternyata ada syarat – syaratnya. Jadi, tidak semua perusahaan bis serta merta menjadi emiten di pasar modal. Sebuah perusahaan akan disebut sebagai emiten jika sudah menerbitkan sekuritas untuk ditawarkan pada publik. Sekuritas tersebut harus terbukti dan terjamin legal. Selain itu pemilik perusahaan harus juga bebas dari masalah hukum. Nah, sampai di sini sudah jelas bahwa emiten adalah perusahaan – perusahaan yang sudah jelas secara hukum

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.