Istilah Dalam Reksadana yang Perlu Kamu Ketahui

Istilah Dalam Reksadana yang Perlu Kamu Ketahui

Reksadana merupakan instrumen investasi yang cukup aman bagi orang yang baru memulai investasi. Konsep dasar reksadana adalah menitipkan sejumlah dana kepada manajer investasi yakni perusahaan reksadana atau sekuritas untuk kemudian diputar ke instrumen investasi seperti saham dan obligasi.

Secara umum, reksadana cukup menarik karena dapat memberikan return cukup besar mulai dari 7 persen hingga 15 persen pertahun tergantung jenis reksadananya. Bagi pemula mungkin masih bingung dengan banyaknya istilah dalam reksadana. Berikut ini Investasikresna telah merangkum istilah dalam reksadana yang perlu Anda ketahui.

Bank Kustodian

Bank Kustodian adalah lembaga keuangan yang berperan dalam menampung, mengawasi dan membantu mengurusi hal-hal administratif investor. Bank Kustodian dijadikan sebagai bank yang menjadi penjaga ataupun pengawas dari aset yang ada dalam Reksadana berupa obligasi, saham maupun aset yang ada didalamnya.

Bank ini termasuk bank penitipan untuk setiap harta yang berkaitan dengan efek. Dengan kinerja tersebut bank Kustodian akan diberikan hak istimewa seperti mendapat keuntungan deviden, bunga dan hak lainnya.

Manajer Investasi

Istilah dalam reksadana yang sering disebut-sebut adalah manajer investasi. Manajer Investasi atau yang biasa disingkat SI dapat dikelola oleh perorangan ataupun suatu badan perusahaan yang mampu untuk menjalankan sesuai ketentuan.

Manajer investasi bertugas dalam mengelola dana dari investor dengan menginvestasikannya ke berbagai portofolio efek. Portofolio investasi yang dikelola oleh manajer investasi dapat berupa saham, obligasi dan sebagainya.

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai Aktiva Besar (NAB) atau dalam bahasa Inggris disebut Net Asset Value (NAV) jumlah dana yang sudah dikelola reksadana. Jumlah dana tersebut sudah meliputi kas, dana yang diinvestasikan ke deposito, obligasi, dan saham. Nilai Aktiva Bersih berkaitan dengan NAB per unit atau NAB/UP yakni nilai aktiva bersih per unit penyertaan.

Investor reksadana perlu mengetahui berapa harga NAB per unit pernyataan karena untuk memperkirakan berapa unit penyertaan yang dimilikinya jika ia membeli reksadana dengan nominal uang tertentu.

Unit Penyertaan (UP)

istilah dalam reksadana Apabila anda membeli Reksadana maka anda akan mendapatkan unit penyertaan. Unit pernyataan berfungsi sebagai bukti bahwa anda adalah pemilik dari Reksadana yang disimpan oleh bank Kustodian yang berkaitan dengan efek.

Ketika anda menjual Reksadana maka unit penyertaan akan kembali kepada manajer investasi. Untuk pengecekan kepemilikan kamu bisa melihat melalui surat konfirmasi transaksi.

Kontrak Investasi Kolektif

Kontrak ini dijalankan oleh MI dan bank Kustodian fungsi utamanya untuk menyimpan seluruh bentuk tanggung jawab yang ada didalamnya. Seperti halnya bank Kustodian yang memiliki tanggung jawab penuh untuk menjaga aset dana dari Reksadana.

Agen Penjual Efek Reksa dana

Terdiri atas bank keuangan umum atau perusahaan yang memiliki tugas sebagai penjual aset pengelolaan dengan bekerjasama dengan MI. APERD merupakan institusi dan penjual atau pemasar dari jasa disebut wakil penjual efek Reksa dana. Keduanya tentunya wajib memiliki ijin untuk melakukan kerjasama.

Redemption fee

Merupakan istilah dalam Reksa dana untuk mengetahui jumlah minimal untuk mencairkan UP atau menjual reksa dana. Biaya yang ditentukan sesuai ketentuan MI kadang bisa lebih besar dibandingkan subscription fee bahkan bisa lebih kecil.

Subscription fee

Istilah satu ini digunakan untuk anda yang ingin membeli reksadana maka ketentuan nilainya harus diketahui sesuai dengan jumlah biayanya. Dana tersebut akan diberikan kepada APERD dengan ketentuan setiap reksa dana berbeda-beda. Apabila anda jeli terkadang ada yang tidak memungut biaya subscription fee atau bisa disebut gratis.

Biaya Pengalihan

Biaya pengalihan adalah biaya yang dibebankan kepada investor jika mereka mengalihkan kepemilikan unit reksadana. Besaran biaya pengalihan ini disebutkan dalam prospektus. Beberapa manajer investasi membebaskan biaya pengalihan ini.

Prospektus

Detail informasi yang memuat profile, kinerja, dan portofolio investasi dari manajer investasi. Prospektus menjadi dokumen yang penting dibaca oleh investor reksadana untuk menilai seperti apa prospek investasi jika investor memilih manajer investasi tersebut. Investor diwajibkan untuk memahami dengan baik dokumen prospektus agar bisa memahami keuntungan dan risiko yang didapat.

Itulah 10 istilah-istilah dalam Reksadana yang anda perlu ketahui dalam reksa dana . Semoga membantu anda dalam memberikan pemahaman yang lebih lagi.

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.