Market Cap adalah? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

Market Cap adalah? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

Investasi seperti saham saat ini menjadi gaya hidup terutama bagi kaum milenial. Jika Anda tertarik dalam dunia investasi maka Anda harus tahu apa itu market cap atau yang biasa disebut dengan kapitalisasi pasar.

Hal itu dikarenakan market cap tersebut yang akan dijadikan sebagai pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk bisa membuat keputusan finansial yang penting. Dengan memahami kapitalisasi pasar ini Anda akan bisa melangkah lebih pasti kemudian bisa meminimalkan resiko Anda ketika berinvestasi.

Pengertian Market Cap

Market cap ini harus diketahui terutama bagi para newbie. Market cap adalah kapitalisasi pasar. Kapitalisasi tersebut dijadikan sebagai nilai agregat di sebuah perusahaan. Kapitalisasi pasar ini akan dihitung dengan cara mengalikan jumlah outstanding share atau yang disebut dengan saham beredar di sebuah perusahaan dengan harga saat ini.

Istilah kapitalisasi pasar ini digunakan oleh para investor agar bisa menentukan ukuran perusahaan. Dengan mengetahui market cap sebuah perusahaan ini akan bisa memberikan informasi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk bisa membeli seluruh perusahaan saham yang Anda inginkan.

Ukuran maupun nilai perusahaan akan bisa tercermin dari level resiko bagi yang ingin berinvestasi di perusahaan tersebut. Selain itu juga bisa memperkirakan berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Market Cap

market cap apple

Market cap atau yang biasa disebut dengan kapitalisasi pasar ini merupakan nilai saham perusahaan yang ada di pasar. Yang harus dipahami adalah nilai perusahaan ini berbeda dengan nilai aset perusahaan. Oleh sebab itu kapitalisasi pasar ini tidak menggambarkan nilai aset sebuah perusahaan.

Kapitalisasi pasar ini nilainya mungkin lebih besar atau lebih kecil dibandingkan dengan aset perusahaan. Untuk perusahaan publik kapitalisasi pasar ini penting karena bisa mencerminkan nilai total dari perusahaan. Jika kapitalisasi pasarnya maka semakin mahal maka perusahaan tersebut akan semakin dihargai oleh pasar.

Menghitung Market Cap Saham

Untuk bisa menghitung market cap sebuah saham ini cukup sederhana. Anda hanya perlu mengalikan jumlah saham yang beredar dengan saham yang ada di pasaran. Oleh sebab itu jika Anda ingin menghitung kapitalisasi pasar ini Anda bisa melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

1. Cari informasi tentang harga saham

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui atau menghitung market cap adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang harga saham. Harga per lembar saham perusahaan ini akan dipublikasikan secara gratis dan juga transparan di berbagai situs finansial. Harga akan dipublikasikan di Bloomberg, Yahoo! Finance, Financial Times, dan sebagainya.

Untuk mencarinya Anda bisa mengetikkan kode sahamnya atau mengetikkan nama perusahaan yang bersangkutan pada mesin pencarian. Setelah itu Anda akan menemukan informasi dari harga saham tersebut. Jika memiliki rekening efek di sekuritas maka bisa menggunakannya.

2. Cari informasi jual saham yang beredar

Cara selanjutnya adalah Anda bisa mencari jumlah lembar saham yang beredar. Nantinya nilai ini akan mencerminkan berapa banyak saham yang akan dimiliki oleh pemegang saham maupun yang berada di jajaran perusahaan.

3. Kalikan jumlah saham beredar dengan harga saham

Anda bisa mengalikan jumlah lembar saham beredar dengan harga saham yang ada saat ini untuk bisa menentukan nilai dari kapitalisasi saat ini. Hasil perkalian ini mencerminkan total kepemilikan saham seluruh investor yang ada di perusahaan tersebut.

Contohnya adalah Bank BCA dimana mencatatkan saham di bursa efek. Bank ini dikenal luas oleh masyarakat yang ada di Indonesia. BCA jumlah lembar sahamnya sebanyak 24.655.010.000 lembar. Saham tersebut di perdagangan harga per lembarnya Rp17.550 maka nilai perhitungan kapitalisasi pasarnya berikut ini:

Jumlah lembar saham beredar x harga saham – kapitalisasi pasarnya. Perhitungannya 24.655.010.000 lembar x Rp17.550 = Rp432.695.425.500, sehingga nilai kapitalisasi dari Bank BCA sebesar 432,69 triliun.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa market cap adalah pertimbangan investor supaya tidak salah strategi dalam berinvestasi, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.