Pengertian Perusahaan TBK Adalah: Definisi dan Karakteristik Perusahaan Terbuka

Pengertian Perusahaan TBK Adalah: Definisi dan Karakteristik Perusahaan Terbuka

Perusahaan Tbk adalah perusahaan terbuka atau dengan kata lain perusahaan tersebut tidak hanya dimiliki oleh perorangan atau pribadi, namun sudah menjadi perusahaan publik dengan modal bersama para pemegang saham.

Perusahaan terbuka atau yang biasanya dicirikan dengan label Tbk setelah nama perusahaan itulah yang disebut sebagai perusahaan publik yang sahamnya bisa dibeli atau dijual di bursa efek.

Perusahaan terbuka memiliki karakteristik dan kewajiban-kewajiban lain yang tidak dimiliki oleh perusahaan tertutup seperti kewajiban untuk lebih terbuka mengenai kinerja perusahaan, laporan keuangan dan sebagainya.

Nah! Sekarang sudah mulai jelas arti dari perusahaan tbk adalah perusahaan publik. Setelah ini investasikresna akan membahas lebih lengkap mengenai apa itu perusahaan tbk.

Pengertian Perusahaan Terbuka

Menurut Wikipedia, Perusahaan tbk adalah perusahaan yang sahamnya telah dimiliki oleh investor publik, sekurang-kurangnya telah dimiliki oleh 300 pemegang saham dan telah memiliki modal disetor sekurang-kurangnya Rp3 miliar rupiah.

Setiap orang bisa menjadi pemilik perusahaan tersebut dengan membeli sahamnya di Bursa Efek minimal satu lot atau seratus lembar saham. Jika Anda membeli saham perusahaan terbuka, meski hanya satu lot misalnya, itu berarti Anda dikatakan telah secara resmi menjadi salah satu pemiliknya.

Ada banyak sekali perusahaan terbuka yang produk atau layanannya biasa dipakai oleh masyarakat seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Unilever dan sebagainya. Di Bursa Efek Indonesia, setidaknya sudah ada 700an yang tercatat sebagai perusahaan terbuka. perusaahan terbuka adalah

Karakteristik Perusahaan Terbuka di Indonesia

Perusahaan terbuka yang pasti berbeda dengan perusahaan tertutup. Oleh karena itu, perusahaan terbuka memiliki karakteristiknya tersendiri.

1. Visi dan Misi Jelas

Perusahaan tbk adalah perusahaan yang di dalamnya memiliki tujuan jelas, bukan berarti jenis perusahaan lain tidak memiliki visi dan misi. Artinya disini tujuan perusahaan terbuka itu perlu dicapai oleh seluruh stake holder.

Tujuan atau rencana-rencana perusahaan ditentukan secara kolektif melalui rapat besar tahunan para pemegang saham. Rapat tersebut mengundang seluruh investor atau pemilik saham dan stake holder perusahaan lainnya.

2. Stake Holder Mengelola Modal Bersama

Salah satu ciri perusahaan tbk adalah mereka tidak mendapatkan fasilitas apapun dari pemerintah atau sering disebut swasta. Oleh karena itu mereka harus bertanggung jawab penuh atas pengelolaan modal dari para investor.

Selain itu seluruh kegiatan ekspansi bisnis hanya menggunakan modal dari investor. Sehingga setiap keuntungan pastinya harus diberi juga kepada para investor, atau lebih sering disebut sebagai dividen.

3. Keberjalanan Bisnis Bukan Urusan Pemegang Saham

Walaupun seluruh modal menggunakan uang investor tetapi seluruh tanggung jawab aktivitas bisnis itu bukan urusan pemegang saham. Pengelolaan bisnis supaya menguntungkan itu kewajiban manajemen dan karyawannya.

Kewajiban pemegang saham hanya memberikan modal dan ikut dalam rapat besar tahunan untuk menentukan tujuan. Selebihnya itu dikerjakan oleh perusaahan dan karyawan di dalamnya.

Perbedaan Perusahaan Terbuka dan Tertutup

Kita sudah memahami apa saja karakteristik perusahaan terbuka. Pertanyaan selanjutnya, apa bedanya dengan perusahaan tertutup? Berikut penjelasannya.

Modal Usaha

Sebagian dana modal usaha dari perusahaan terbuka adalah dana dari masyarakat melalui penjualan saham. Besar kecilnya persentase modal usaha yang dimiliki oleh publik ini tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan. Namun, Bank Indonesia mensyaratkan perusahaan terbuka untuk mengalokasikan setidaknya 7,5% sahamnya ke publik.

Dasar Hukum

Seperti yang dikutip dari situs Konsultan Hukum, perusahaan terbuka mengacu pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1985 tentang Pasar Modal (UUPM) dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya.

Sementara perusahaan tertutup mengacu kepada Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya.

Saham Terdaftar

Saham perusahaan tbk terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sementara perusahaan tertutup tidak.

Kewajiban Pelaporan

Perusahaan terbuka memiliki kewajiban melapor ke Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) sementara perusahaan tertutup tidak memiliki kewajiban melapor ke institusi tersebut. Perusahaan terbuka wajib melaporkan setiap aksi korporasi yang mempengaruhi tujuan atau kinerja perusahaan kepada masyarakat melalui press realease dan semacamnya.

Aksi korporasi yang dimaksud seperti merger dengan perusahaan lain, melakukan diversifikasi kegiatan usaha, menambah modal dengan menerbitkan obligasi dan sebagainya. Aksi korporasi ini dapat memicu pergerakan harga saham di bursa melalui sentimen positif atau negatif dari investor sehingga perusahaan tbk wajib memberitahukannya kepada publik.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu perusahaan tbk dan apa saja karakteristik yang membedakan antara perusahaan terbuka dan perusahaan tertutup.

Author

Kresna

Kresna memiliki arti bijaksana, situs investasikresna dibuat sesuai dengan namanya. Agar Anda bisa berinvestasi dengan bijaksana. Janganlah melakukan trading tanpa mengukur resiko. Tujuan kita berinvestasi adalah menghasilkan uang bukan untuk rugi.

To enable comments sign up for a Disqus account and enter your Disqus shortname in the Articulate node settings.